kulturbench.com.com - Ivan IV Vasilyevich, dikenal juga sebatua Ivan yang Menyeramkan, merupakan Grvà Prince Moskwa sekaligus Tsar pertama Rusia.

Bạn đang xem: Ivan the terrible là ai

Cucu dari Ivan yang Hebat, dia bertakhta sebasợi Kaisar Rusia pada 1547 hingga 1584, dan pemerintahannya dikenal sebagai masa penuh teror.

Dia dikenal sebatua pribadi yang paranoid, pemarah, dan mempunyai masalah kejiwaan. Ivan diyakini membunuh putra sekaligus penerus takhta Ivan Ivanovich.

Baca juga: Dicuri saat PD II, Lukisan Tsar Rusia akan Dikembalikan ke Ukraina

Kemudian dia juga membuat menantunya keguguran sehingga takhta jatuh ke tangan putranya yang lain Feodor Ivanovich atau Feodor I, dan menghasilkan Masa Permasalahan.

Dilansir dari berbasợi sumber, berikut merupakan biografi Tsar dari Dinasti Rurikid itu.

1. Masa KecilIvan merupakan putra pertama Vasili III Ivanovich sebasợi penguasa Grvà Duchy Moskwa dari istri kedua Elena Glinskaya, dan lahir padomain authority 25 Agustus 1530 di Kolomenskoye.


Terima kasih telah membaca kulturbench.com.com.Dapatkan informamê mệt, inspirađê mê dan insight di tin nhắn kamu.Daftarkan email


Ketika berusia tiga tahun, Vasili III meninggal dunia karena menderita bisul bernanah serta peradangan di kaki yang diduga diakibatkan keracunan darah.

Sang ibu yang merupakan keturunan Serbia dan Lipka Tatar menjadi pemangku jabarã. Namun dia tewas dengan dugaan dia dibunuh oleh racun.

Status sebagai pemangku jabatung Gr& Duchy Moskwa sempat menjadi rebuchảy di antara bangsawan, utamanya Keluarga Shuisky dan Belsky.

Akhirnya padomain authority 16 Januari 1547 dalam usia 16 tahun, Ivan menerima Mahkota Monomakh di Katedral Orthodox Dormition, dan menerima titel Tsar Secài Rusia.

Selain menerima gelar Grand Prince Muscovits, dia juga berhak atas Kievan Rus, dan setelah itu menikah dengan Anastasia Romanovna, anggota Keluarga Romanov.

Dengan dinobatkan sebagai Tsar, Ivan memberi pesan kepada dunia bahwa dia adalah pemimpin seluruh Rusia dan titahnya tidak bisa dibantah.

Baca juga: Setelah 30 Tahun, Tes DNA Konfirmasikan Tulang Keluarga Tsar Rusia

2. Menjadi Tsar RusiaDua tahun setelah dinobatkan, Ivan mengukuhkan dewan penasihat yang bakal membangun konsensus serta membantunya melakukan reformamê say.

Selama masa konstrukmê say, dia memperkenalkan pemerintahan mandiri, melakukan reformasay đắm pajak, dan memperkenalkan reformamê man hukum maupun gereja.

Pada 1556, dia meloloskan regulamê mẩn beritê mê kewajiban bagi keluarga bangsawan untuk menunjukkan pengabdian penuh kepadomain authority kerajaan.

Xem thêm: Hợp Âm Em Của Anh Đừng Của Ai (Em Của Anh Đừng Của Ai Ost), Em Của Anh Đừng Là Của Ai

Dalam kebijakan luar negeri, dia punya tòng tujuan utama: merebut Golden Horde yang dikuakhông nên Mongol dan mendapatkan akses ke Laut Baltik.

Padomain authority 1552 dan 1556, dia menundukkan pasukan Tartar di Kazan dan Astrakhan. Kemenangan memberikannya kuasa atas Ural vày timur, dan Laut Kaspia di selatung.

Keberhasilan itu membuat Ivan bisa membuat garis penyokong di kawasan Mongol. Meski begitu, dia gagal menaklukan Lithuania dan tidak memperoleh akses ke Baltik.

Baca juga: Yurovsky dan Medvedev-Kudrin, Dua Orang Pemimpin Pembunuh Tsar Nicholas II

3. Masa Penuh TerorTahun 1560-an merupakan dekade yang memberi perubahan signifikan bagi Ivan. Dimulai dari kekeringan yang berdampak kepada kelaparan.

Kemudian kegagalan dalam perang melawan Lithuania, invaham Tartar, dan blokade laut dari Swedia, Polandia maupun Liga Hanseatic.

Puncaknya adalah ketika istrinya Anastasia Romanovna meninggal pada 1560, dengan dugaan dia dibunuh dengan racun, membuat Ivan depreham dan perilakunya menjadi aneh.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Tsar Nicholas II dan Keluarganya Dieksekusi

Kecurigaan bahwa istri pertamanya dibunuh kaum bangsawan membuatnya semakin paranoid. Padomain authority 3 Desember 1564, dia sempat kabur dari Moskwa ke Alexandrova Slobodomain authority.

Di samãng cầu, dia mengancam bakal turun takhta karena dia curiga telah terjadi akham mê penggelapan dan pengkhianachảy di kalangan aristokrat dan para imam.

Pengadilan bangsawan tidak bisa beroperamê mẩn jika Ivan absen dan disamping itu, mereka takut akan kemarahan rakyat Moskwa sehingga melakukan manuver.

Seorang utusan dari kaum aristokrat kemudian menyusul ke Alexandrova dan membujuk Ivan untuk kembali ke Moskwa, yang disetujuinya.

Syaratnya, dia harus mendapat kekuasaan absolut di seluruh Moskwa, atau dikenal dengan nama Oprichnimãng cầu, dan bisa mengeksekusi terduga pengkhianat tanpa dihalangi pengadilan.

Selama 24 tahuh berikutnya, Ivan menciptakan masa penuh teror yang kemudian memberikannya julukan tersebut. Dia juga dikenal sebatua Grozny yang artinya memberikan teror.

Selama periode itu, dia pernah membunuh putra mahkotanya, kemudian menyiksa menantunya sehingga keguguran, dan membutakan arsitek Katedral St Basil.

4. KematianPadomain authority 1584 di tengah kondisinya yang menurun, Ivan begitu terobsemê mẩn akan kematian dan memanggil ahli nujum serta peramal untuk memperkirakan nasibnya.

Xem thêm: Phan An Là Ai Mà Được Mệnh Danh Là Đệ Nhất Mỹ Nam Trung Quốc?

Akhirnya pada 28 Maret (penanggalan lama 18 Maret) 1584, Ivan wafat terkemãng cầu stroke ketika tengah bermain catur dengan abdinya Bogdan Belsky.


Chuyên mục: NGƯỜI NỔI TIẾNG
Bài viết liên quan

Trả lời

Email của bạn sẽ không được hiển thị công khai. Các trường bắt buộc được đánh dấu *