kulturbench.com, Jakarta - Namanya ada di puncak daftar 10 perempuan paling kaya sepanjang masa versay mê Time. Jumlah pundi-pundi hartanya melampaui wanita mana pun di dunia hingga saat ini. Ia bahkan lebih tajir dari ratu Mesir paling terkenal, Cleopatra dan penguasa Rusia, Katarina Agung.Jumlah aset pewaris perusahaan mobil mewah BMW, Susanne Klatten dan penguasa kerajaan kosmetik L’Oreal, Liliane Bettencourt tertinggal jauh di belakangnya. Dia adalah Wu Zetian, satu-satunya "kaisar" perempuan dalam sejarah panjang Kekaisaran Tiongkok yang membentang selama 4.000 tahun. Ia memerintah pada abad ke-7 Masehi. Dan sukses. Selama 15 tahun kekuasaannya, Wu berhasil menyebarkan pengaruh kerajaannya hingga ke Asia Tengah. Kerajaannya menjadi yang terbesar di dunia pada masa itu. Bangsanya pun makmur, berkat perdagangan komoditas berharga berupa teh dan sutra di sepanjang Jalur Sutra (Silk Road).

Bạn đang xem: Wu zetian là ai

 


Baca Juga


Saat berkuasa, Wu mengatur pemerintahan seefektif mungkin. "Di bawah pemerintahan Wu, biaya militer dipangkas, pajak dipotong, gaji pegawai berprestamê man dinaikkan, pensiun diberi tunjangan, dan tanah luas dekat ibu kota diubah menjadi lahan pertanian," tulis Mary Anderson dalam bukunya, Hidden Power.

Ia juga membuka kesempatan bagi perempuan-perempuan lain untuk berprestamê mẩn di segala bidang. Sastra, ilmu pengetahuan, bahkan pemerintahan -- meski sejumlah sejarawan menuding, kebijakan itu dilakukan untuk melegitimađam mê kekuasaannya sebatua kaisar wanita.

Salah satunya Shangguan Wan"er. Wu mengangkat mantung budak tersebut sebasợi orang kepercayaan dan pelaksana tugas perdamãng cầu menteri.

Wu -- dengan keberhasilan pemerintahannya juga kekejamannya -- membalik anggapan padomain authority masanya yang percaya perempuan tak mungkin berkuasa, bahwa "mandat para dewa" tak mungkin diturunkan padomain authority kaum hawa.

Namun, Wu Zetian adalah sosok yang kontroversial. Di satu sisi, ia dianggap sebatua aristokrat. Lainnya menuding ia sosok durjana.

*

Perempuan "Berhati Ular"

Sepanjang sejarah, Wu digambarkan sebasợi sosok zallặng. Para sejarawan melihatnya dari siham mê negatif.

"Ia berhati ular dan memiliki sifat seperti serigala," demikian dikutip kulturbench.com dari situs Smithsonian.com.

Sejarawan lain menulis, "Ia membunuh saudarinya sendiri, membantai kakak-kakak lelakinya, membunuh para penguasa, dan meracuni ibunya. Ia dibenci para dewa juga manusia." Ia juga punya reputamê mệt "nakal". Konon, ia bersedia memenuhi selera seksual Kaisar Taizong yang tak biasa.Kelebihannya itu yang konon membuat Wu menonjol dari perempuan lain di istana. Membuatnya mampu bersaing dengan selir-selir yang jumlahnya hampir 30 orang. Kaisar menjadikannya sebagai favorit meski tak mampu memberikan keturunan.

 

*

Padomain authority 649 Masehi, sang penguasa mangkat. Seperti selir-selir lainnya, ia dikiryên ổn ke biara untuk menghabiskan masa hidupnya di samãng cầu. Namun, tak butuh waktu lama baginya untuk kembali ke istamãng cầu.Pesomãng cầu Wu memikat sang pewaris takhta, Kaisar Gaozong -- yang menjadikannya selir, 3 tahun setelah ayahnya tiadomain authority.

Kembali ke istamãng cầu, Wu mulai berusaha mewujudkan ambisinya. Ratu Wang dan selir senior Xiaoshu ia anggap sebasợi saingan yang harus disingkirkan.

Xem thêm: Lục Đạo Tiên Nhân Là Ai Sinh Ra Thế Giới Nhẫn Giả, Lục Đạo Tiên Nhân Là Ai

Ia bahkan sampai hati membunuh putrinya sendiri yang masih bayi dan menjadikan Ratu Wang -- yang terakhir memegang bocah itu -- sebasợi kambing hitam.Setelah berhasil menjadi ratu padomain authority 655 Masehi, Wu memerintahkan Wang dan selir Xiaoshu dihabimê mệt. Jasad keduanya bahkan dimutilamê man dan dimasukkan dalam tong anggur sebelum dibuang.Wu juga mengangkat kerabatnya untuk mengiđê mê jabachảy penting. Perlahan, perempuan itu ikut memerintah bersama suaminya.

*

Setelah kematian Gaozong padomain authority 683 Masehi, Wu tetap mengendalikan kekuasaan sebatua ibu suri. Ia mengangkat putranya Li Xian sebasợi Kaisar Zhongzong.

Tak sampai setahun, kaisar baru yang sulit dikendalikan ia gulingkan. Wu kemudian mengangkat putra keempatnya Li Dan sebatua Kaisar Ruizong. Padomain authority 16 Oktober 690 Masehi, Wu merebut takhta, mengangkat diri sebasợi kaisar dan mendirikan wangsa baru, Dinasti Zhou yang dikendalikan dari ibu kota Luoyang.

Konon, Wu menyebar agen mata-mata di seantero istana, menguping pembicaraan orang-orang. Mereka yang berseberangan dengan lịch sự kaisar niscaya akan disingkirkan.

Wu juga disebut-sebut membuat semacam harem beriđắm đuối lelaki-lelaki ganteng dan muda. Ia juga dikabarkan memiliki hubungan terlarang pertama dengan lelaki bernama Huaiyi; kedua, dengan Zhang bersaudara.

Kekuasaan Wu meredup pada 705 Masehi, saat usianya sudah lebih dari 80 tahun. Ia terpaksa mengangkat kembali putranya, Kaisar Zhongzong sebagai raja.

"Kesalahan terbesarnya" adalah menikahkan putranya dengan seorang selir yang amat mirip dengannya: kejam dan ambisius.

Meski demikian, saat mangkat, ia dimakamkan dengan penuh penghargaan. Bukan sebagai kaisar, melainkan ibu suri. Lalu, para penerusnya berusaha menghilangkan jejak Wu Zetian dari sejarah.

Sejumlah sejarawan modern berusaha memahamày sosok Wu Zetian, bukan dengan penuh prasangka seperti di masa lalu.

Termasuk soal reputamê man Wu Zetian yang "liar". Apalagi, itu bukan barang baru. Sejumlah penguasa perempuan juga menghadapi tudingan serupage authority. Misalnya Kaisarimãng cầu Irene dari Bizantium, atau Katarina Agung asal Rusia.

Bài viết liên quan

Trả lời

Email của bạn sẽ không được hiển thị công khai. Các trường bắt buộc được đánh dấu *